Wokrshop Manajemen dan Tata Kelola Mardrasah dan Sekolah

Ponorogo, 25 Mei 2022 di Hotel Amaris Ponorogo merupakan tempat berlangsungnya kegiatan yang luar biasa dengan antusiasme peserta yang juga luar biasa. Wokrshop Manajemen dan Tata Kelola Mardrasah dan Sekolah adalah kegiatan untuk melihat kacamata manajemen dan tata  kelola untuk mengelola madrasah dan sekolah yang sekarang ini berubah dengan sangat cepat. Peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang banyak di bahas dalam kegiatan diatas, karena dalam kesempatan hal ini diahadiri oleh kepala sekolah/madrasah yang menjadi mitra dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.

 

Peserta yang merupakan mitra kerjasama dengan FTIK IAIN Ponorogo ini mulai dari jenjang TK/RA sampai dengan tingkat MA/SMA di lingkungan karesidenan Madiun ini.  Ibunda Rektor Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. hadir dalam kesempatan kali ini. Beliau memberikan arahan serta pesen kepada sekolah mitra untuk saling bersinergi dalam hal apapun guna memciptakan suasana pendidikan yang yang baik dan mumpuni. Selain hal itu beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan menjadi ajang solaturrahmi dan juga tempat untuk kerja salam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan mahasiswa FTIK IAIN Ponorogo. Karena dalam hal ini PPL dilaksanakan setiap tahun dilaksanakan maka perlunya kerjasama sangat diperlukan, sekali lagi Ibu Rektor mengucapkan terima kasiih.

Kegiatan memasuki pada tahap inti dimana pemateri pertama yaitu beliau Bapak Soiran yang merupakan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Ponorogo memberikan materinya. Materi beliau yaitu tentang manajemen tata kelola sekolah yang mana hal ini merupakan bagian penting dari seorang kepala sekolah. Banyak hal secara teknis atau non teknis untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khusus dalam dunia pendidikan, dijelaskan dengan baik oleh beliau. Beberapa pertanyaan juga mewarnai pemamparan materi yang beliau sampaikan yaitu tentang sekolah inklusi atau disabilitas yang membutuhkan perhatian lebih, program guru penggerak dan bahasan tentang kurikulum merdeka.

Pemateri kedua memberikan penguatan tentang tata kelola madrasah dan sekolah ini, beliau adalah Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Pendma) Bapak Marjuni, S.Ag, M.Pd.I. beliau memberikan penguatan berbagai hal guna memotivasi untuk mengembangkan sekolah dan madrasah untuk terus bertahan ditengah gempuran globalisasi yang sudah merebak didunia pendidikan ini. Beliau juga memberikan dorongan kepada kepala sekolah dan madrasah untuk membuat terobosan inovasi guna bisa bertahan dalam kondisi sekarang ini. /son