Lompat ke konten

STUDIUM GENERALE, IMPLEMENTASI TPACK ABAD 21

Fakultas Tarbiyah IAIN Ponorogo mengadakan Studium Generale dengan Tema Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran di Kelas Secara Hybrid Learning Abad 21 pada tanggal 18 Maret 2021 di Graha Watoe Dakon IAIN Ponorogo. Narasumber Studium Generale ini yaitu Dr. Idam Ragil Widianto Atmojo, Kaprodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) FKIP Universitas Sebelas Maret.

Sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo, Bapak Dr. H. Moh Munir, Lc, M.Ag., menyampaikan kepada mahasiswa agar mengikuti dengan sungguh-sungguh dan dapat mengambil manfaat. Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag., membuka acara dan menyampaikan bahwa tema yang diambil pada stadium generale yaitu mengenai pembelajaran hybrid tepat pada masa pendemi ini. Tema ini diharapkan mampu menjadi bekal bagi mahasiswa FATIK dalam mencapai cita-cita sebagai calon guru.

Studium Generale ini dimoderatori oleh Bapak Yoga Prismanata, M.Pd. Bapak Idam mengawali dengan menjelaskan tentang era Revolusi industry, realizing society, dan ciri-ciri abad 21. Pembelajaran abad 21 diarahkan untuk mendorong perserta didik mencari tahu, mempu menyelesaikan masalah, berpikir analitis (mengambil keputusan), dan menekankan kerjasama serta kolaborasi. Perkembangan Pendidikan era 4.0 menjadikan peserta didik dapat belajar dari mana saja dengan menggunakan berbagai macam media pembelajaran.

Pembelajaran hybrid learning memadukan pembelajaran tatap muka dengan online menggunakan teknologi secara bersamaan, teratur, dan efektif dalam satu waktu, dengan syarat adanya smart class. Bapak Idam menilai implementasi Hybrid learning dengan TPACK tepat untuk menunjang Pembelajaran abad 21 yang berbasis keterampilan 21 dan 7C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Cross Cultural Understanding, Communication, Computing, Career and Learning Self-relliance). Sesi yang kedua dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta Studium Generale dengan Bapak Idam. /uln