Lompat ke konten

Science Expo 2022

Science Expo 2022 Merupakan inovasi teknologi dan pangan berbasis Eco Green dari mahasiswa Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmui Keguruan IAIN Ponorogo. Kegiatan ini merupakan pameran proyek mata kuliah Isalingtemas dan Nurtrisi Pangan Halal Mahasiswa Semester 4 Jurusan TIPA. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari senin, 27 – 28 Juni 2022 bertempat di halaman gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.

Dalam kegiatan ini berbagai macam inovasi makanan halah hasil kreasi dari mahasiswa dipamerkan dan bisa dinikmati oleh pengunjung yang hadir dalam kegiatan itu. Inovasi ini tentunya sebelumnya juga diikutkan dalam perlombaan inovasi dan berhasil mendapatkan hasil yang memuaskan. Mahasiswa Jurusan TIPA FTIK IAIN Ponorogo berhasil membawa medali emas pada lomba Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) di Aceh. Mahasiswa tersebut adalah Luluk Fuadah, Rizki Putri Asyari, dan Vera Febriyana. Mereka bertiga berhasil menjuarai dalam perlombaan inovasi tersebut dengan membuat inovasi yang disebut “JULID “, jenang dari Kulit durian. Inovasi produk dari kulit durian menjadi hal yang unik karena kita tahu bersama bahwa kulit durian merupakan barang atau limbah yang jarang di olah untuk makanan atau hal lain atau cenderung terabaikan.

Tetapi yang tidak kalah penting dari itu semua adalah inovasi ini nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan langsung di tengah-tengah masyarakat. Para mahasiswa diharapkan dapat berperan aktif untuk bisa bermanfaat kepada masyarakat melalui inovasi-inovasi yang mereka kembangkan di kampus. “inovasi-inovasi ini nantinya diharapakan dapat dimanfaatkan di masyarakat. Hal tersebut bisa mahasiswa aplikasikan nantinya pada Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM)” Tutup bapak Wirawan. Para peserta KPM bisa mengaplikasikan inovasi ini pada masyarakat.