Lompat ke konten

LPTK IAIN Ponorogo Gelar Pengukuhan Guru Profesional PPG Daljab Gelombang I Tahun 2022

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Institut Agama Islam Negeri (LPTK IAIN) Ponorogo menggelar kegiatan Pengukuhan Guru Profesional Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Gelombang I Tahun 2022 pada Sabtu (17/09/2022). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Graha Watoe Dhakon ini dihadiri oleh Rektor dan Pejabat di lingkungan IAIN Ponorogo, seluruh Pimpinan dan Pejabat di Lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), seluruh pengelola program PPG Daljab, Panitia Nasional PPG Kementerian Agama yang pada kesempatan ini diwakili oleh Dr. Mustofa Fahmi, S.Pd., M.Ed., tamu undangan dan 147 Guru Profesional yang berasal dari berbagai kota di provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Program PPG Daljab merupakan program pemerintah yang bertujuan menjadikan guru sebagai tenaga ahli sehingga dapat menjadi guru profesional di bidangnya. Program PPG Daljab dirancang secara sistematis dan menerapkan prinsip mutu mulai dari seleksi, proses pembelajaran dan penilaian, hingga uji kompetensi. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus dalam program ini maka berhak menyandang gelar Guru Profesional (Gr) serta berhak mendapatkan sertifikat pendidik.

Dekan FTIK IAIN Ponorogo, Dr. H. Moh. Munir, Lc. M.Ag. dalam laporannya terkait pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2022 menyampaikan bahwa LPTK IAIN Ponorogo merupakan salah satu dari 28 LPTK yang dipilih oleh Kementerian Agama untuk melaksanakan program PPG Daljab ini. Pada gelombang 1, LPTK IAIN Ponorogo mendapatkan 170 peserta yang terdiri dari 111 guru Pendidikan Agama Islam, 32 guru madrasah bidang studi akidah dan akhlak dan 27 guru madrasah bidang studi fikih. Untuk first taker,  secara keseluruhan yang lulus sejumlah 137 guru dan yang belum lulus sejumlah 33 guru. Mengakhiri laporannya, beliau mengajak seluruh yang hadir untuk mendoakan guru-guru yang belum lulus agar bisa lulus pada kesempatan berikutnya.

Rektor IAIN Ponorogo, Dr. Hj. Evi Muafiah, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PPG Daljab tahun 2022 yang sepenuhnya dilaksanakan secara daring tentu saja memberikan kesan yang mendalam bagi 147 guru profesional yang dikukuhkan pada hari ini. Beliau berpesan kepada seluruh guru yang telah dikukuhkan agar selalu menjaga profesionalisme dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada para alumninya, IAIN Ponorogo memiliki program ‘sapa alumni’ yang berisi konten tentang kata bijak alumni yang akan diposting setiap hari melalui sosial media resmi milik IAIN Ponorogo.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Dr. Mustofa Fahmi, S.Pd., M.Ed selaku Sekretaris Panitia Nasional PPG Kementerian Agama. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan pengukuhan PPG Daljab merupakan impressing moment bagi para lulusan yang hendaknya dimaknai sebagai ucapan syukur atas apa yang telah dilakukan dan diperjuangkan selama ini. Melanjutkan sambutannya, beliau mengajak para guru untuk kembali memaknai makna profesi dengan melihat guru pada kedudukannya sebagai pendidik profesional seutuhnya, sebagaimana diamanatkan dalam UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Guru yang sudah tersertifikasi selayaknya harus menjaga kinerjanya tetap prima sebagai bentuk pertanggungjawaban atas sikap profesional yang melekat pada diri mereka.

Repoter: Maulida Novi Rahmawati

Editor: Abdul Kholiq