Lompat ke konten

“Free English House” (Kursus Bahasa Inggris Gratis) menjadi Program Inti Kelompok 49 KPM Monodisiplin Tadris Bahasa Inggris IAIN Ponorogo

Free English House” (Kursus Bahasa Inggris Gratis) merupakan program yang dimaksudkan dalam upaya meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris di desa Bungkal.  Sambutan hangat dan antusiasme masyarakat desa Bungkal begitu terasa  ketika kelompok 49 KPM Monodisiplin IAIN Ponorogo menyelenggarakan program yang bertajuk Free English House (FEH) for young learners (Kursus Bahasa Inggris gratis untuk anak-anak usia dini), dimana program tersebut untuk pertama kalinya diadakan di desa ini.

 

Kepala desa Bungkal pada saat pembukaan KPM Kelompok 49 di aula balai desa mengungkapkan bahwa beliau sangat berterima kasih dengan adanya program FEH ini. “Saya selaku perwakilan masyarakat desa Bungkal, menyambut dengan bahagia atas program kursus Bahasa Inggris gratis dari mas dan mbak sekalian karena dengan adanya program ini anak-anak kecil di sini khususnya yang belum pernah mendapatkan pembelajaran Bahasa Inggris dapat belajar Bahasa Inggris secara gratis” tutur beliau.

Di kesempatan lain, Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengungkapkan kesannya atas gagasan mahasiswa mengadakan program ini. “Program FEH ini sudah bagus untuk direalisasikan di desa Bungkal, mengingat program ini baru pertama kali diadakan di desa ini. Target dari program ini pun juga sudah tepat (young learners), mengingat anak-anak di usia dini masih memiliki daya ingat yang mumpuni.”

Tujuan peserta KPM Kelompok 49 menargetkan young learners dalam program FEH kali ini mengingat mudahnya anak-anak dalam menyerap atau menangkap materi pembelajaran. Di usia emas (golden age), mengenalkan materi Berbahasa Inggris akan memudahkan mereka untuk mengingat dan melafalkan kosakata dalam Bahasa Inggris dengan benar sejak dini, sehingga kedepannya  ketika mereka mendapatkan materi Bahasa Inggris, mereka merasa enjoy dalam belajar.

Program FEH ini dimulai sejak minggu ke-2 tepatnya pada Hari Rabu (13/7/2022). Program ini menargetkan anak-anak usia dini di dukuh Kudo, Tengah dan Goran. Antusiasme untuk mengikuti program ini terlihat dari banyaknya jumlah peserta program dari ketiga dukuh tersebut. Sebanyak 25 anak dari dukuh Kudo, 30 anak dari dukuh Tengah, dan 7 anak dari dukuh Goran mengikuti program FEH dengan penuh semangat dan riang gembira.

Dalam program FEH ini, anak-anak yang berpartisipasi memiliki semangat belajar yang sangat tinggi. Banyak anak-anak yang cepat menguasai materi karena tutor dalam menyampaikan materi menggunakan metode yang menyenangkan disesuaikan dengan usia peserta program. Materi yang diajarkan mulai dari basic (dasar) bahasa inggris seperti: alphabeth, numbers, introduction, days, dan lain sebagainya.

Dalam pembelajaran, kegiatan FEH ini diklasifikasikan ke dalam beberapa tingkatan yaitu PAUD, TK, SD, dan SMP. FEH ini juga sangat disambut baik oleh orang tua anak-anak di desa Bungkal. Mereka meyakini bahwa kegiatan pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat bagi bekal anak-anak mereka disaat mereka menempuh pendidikan yang lebih tinggi kelak. Mereka juga berharap bahwa program FEH ini dapat diteruskan dan tidak berhenti seiring dengan selesainya kegiatan KPM ini.